YUK KERJASAMA,...ANDA PUNYA KANTOR/RUKO, TDK TERPAKAI, BISA DIJADIKAN UTK ACARA SEMINAR, WORKSHOP dll. TERTARIK- Bisa Hub Kami di 081210334536

INGIN BUKA LOW-KER, JUAL BARANG, KERJASAMA- IKLANKAN DISINI. MURAH & LAKU TERJUAL/SUKSES, Silahkan hub Admin Kami.

PRODUKTIVITAS KERJA



Tips CARA TINGKATKAN
PRODUKTIFITAS
KERJA
DI PERUSAHAAN / PABRIK


PERUSAHAAN PASTI TEPAP PERTAHANKAN KARYAWAN YG PRODUKTIFITASNYA TINGGI

Produktif artinya “Menghasilkan“. Menghasilkan banyak bentuknya, bisa dalam bentuk menghasilkan pengalaman, menghasilkan hubungan baik, menghasilkan strategy baru, menghasilkan uang, menghasilkan amal, menghasilkan kebahagiaan, menghasilkan tulisan, menghasilkan website baru, menghasilkan kekuatan, menghasilkan kesehatan, dan ribuan bentuk lainnya. Wow, uakeh tenan…


BEDAKAN antara AKTIF dan PRODUKTIF.

AKTIF artinya giat melakukan sesuatu, pokoknya sibuk, pokoknya kita DO SOMETHING. Namun bisa jadi kita hanya CAPEK saja tanpa HASIL, atau tidak produktif juga. Sedangkan PRODUKTIF artinya suatu KEGIATAN AKTIF yang mendatangkan HASIL, hasil seperti yang saya maksudkan di atas. Nah, sekarang mana yang anda pilih ? Aktif atau Produktif ?

Misalnya Anda sibuk, sibuk sekali, iklan sana sini, tetapi ternyata iklan kita TIDAK DIBACA orang, Atau yang lebih parah lagi ternyata TERKENA SENSOR admin, sehingga jangankan dibaca orang, masuk pun tidak. Atau misalnya Anda mendatangkan RATUSAN bahkan RIBUAN pengunjung ke website Anda, mereka signup, tetapi hampir tidak ada yang UPGRADE. Apakah itu produktif? Rasanya tidak ya, melainkan HANYA aktif.

tetap AKTIF dan evaluasi terus kegiatan Anda agar pada akhirnya menjadi PRODUKTIF. Tidak mungkin juga, atau mungkin akan sulit untuk langsung produktif tanpa menjadi aktif dulu. karena produk (hasil) adalah buah dari aktif. Tapi mungkin saja dan bisa saja terjadi, tidak aktif eh tetap produktif. Enak tenan yee, hehe..

Suatu MODEL atau disebut juga POLA, bisa berupa pola berpikir, pola bertindak, pola sikap, pola PRODUKTI itu, UMUMNYA dapat di-INSTALL ke dalam diri kita. Instalasi POLA itu ke dalam diri kita, memang memerlukan waktu, kesabaran, bahkan UANG. Namun yang terpenting adalah HASRAT atau KEINGINAN yag hampir OBSESIF untuk sukses tersebut, maka instalasi pola positif ke otak kita akan berjalan lebih mulus. Hasrat itu menimbulkan energy yang besar, sehingga ia mendorong anggota badan lainnya untuk bergerak, melakukan sesuatu, atau TAKE ACTION.

Bila Anda telah menemukan suatu POLA yang PRODUKTIF, maka itu belum cukup, sebelum Anda Mem Praktekkan Sehari-hari ke dalam diri anda. Kemudian, harus KONSISTEN dalam menjalankan pola tersebut. Seperti software komputer, jika ia masih berada di dalam disket maka mau tak mau harus dipasang (di-install). Sudah diinstall pun tak akan berarti kecuali program tadi dijalankan. Dengan install dan running pola yang sudah anda temukan tadi, maka  HASIL anda akan meningkat sangat TAJAM. Kabar buruk dan membosankan tentang hal ini adalah bahwa pola ini harus dijalankan tanpa henti, dan TAK AKAN PERNAH SELESAI. Namun anda akan menjalankannya serasa bermain jika hasil-hasilnya telah mulai anda nikmati. Bukankan bemain-main itu betah berlama-lama ?

TAKE ACTION, DO IT! step by step, maka setiap kita akan semakin produktif (mendatangkan hasil). Dan hasil yang satu, walaupun sedikit akan secara beruntun mendatangkan hasil yang lain. Pepatahnya adalah “Sedikit demi sedikit menjadi bukit“. Yang enak memang “sebanyak demi sebanyak menjadi gunung”


HAL / LANGKAH YG HARUS DILAKUKAN SECEPATNYA:


1. RENCANAKAN PEKERJAAN ANDA:
Rencara Kerja Hakekatnya Berfikir dahulu sebelum Bertindak. Perencanaan adalah hal terbaik untuk menyimpan waktu dan menjadi lebih produktif. Anda mempunyai banyak hal yang ingin Anda lakukan, bukan? Mulailah secepat mungkin, sekarang untuk berpikir bahwa dengan cara ini Anda akan dapat mengerjakan apapun dengan lebih cepat dan lebih baik.

Salah! Anda harus meluangkan lebih banyak lagi waktu Anda untuk merencanalan apa yang paling penting untuk dilakukan, apa yang kurang perlu dan kemudian tentukan mana pekerjaan yang tidak dapat ditunda. Secara personal saya menggunakan perencanaan dan sketsa sebelum membuat setiap tutorial yang ada di AhliDesain. Pertama, saya membuat sketsa sederhana dengan pena ata pensil di notebook kesayangan saya, kemudian sedikit demi sedikit menambahkan detail, setelah itu mengoreksi dan aha! Banyak waktu terbuang dalam mendesain dan bereksperiman hanya untuk komposisi dan detail visual terselamatkan.
 

2. PAKAILAH METODE "TO DO LIST"
To-Do list membantu untuk tetap terorganisir dan fokus hanya pada hal-hal penting. Juga merupakan alat untuk mengingat hal-hal yang biasanya Anda lupa untuk melakukannya. Saya sedang berbicara tentang tugas-tugas kecil seperti panggilan telepon, email balasan dll Anda dapat menggunakan real-post it notes atau yang virtual (contoh : hottnotes).


3. BUATLAH SKALA PRIORITAS dan SINGKIRKAN HAMBATAN

Aturlah dan Urutkan Jenis Pekerjaan yg Lebih Penting dan Mendesak. Kadang-kadang sangat sulit untuk memulai pekerjaan Anda karena banyak gangguan yang menyita waktu dan perhatian. Jika Anda benar-benar ingin menjadi produktif dan fokus pada saatnya bekerjam, matikan Skype, yM, TweetDeck (atau aplikasi lain yang Anda gunakan untuk Twitter). Juga email dan facebook yang memeriksa update setiap 5 menit adalah musuh produktivitas terbesar Anda. Gangguan bisa saga berupa TV, radio, hewan peliharaan atau bahkan keluarga. Jadi cari tempat di mana Anda nyaman dan dapat menjadi produktif sebaik mungkin dan mulailah bekerja.


4. DISIPLIN DIRI
 
Buatlah bentuk disiplin yang realistis dan apa yang lebih penting, berusahalan untuk bekerja pada hal yang seperti itu. Misalnya mengatur waktu untuk memeriksa Facebook, Twitter dan account email. Tetapkan batas waktu untuk membaca blog, berita atau hal-hal lain yang Anda sukai.
 

5. OPTIMALKAN KINERJA ANDA


Ya itu terdengar EDAN! tetapi bekerja dengan lebih sedikit waktu, Anda akan lebih produktif dan kualitas pekerjaan Anda akan dalam kondisi prima. Jangan mencoba untuk bekerja 12-18 jam / hari karena pada akhirnya Anda akan lebih lambat, pikiran Anda akan suatu tempat di luar pekerjaan dan apa yang paling penting dari kualitas pekerjaan akan lebih rendah. Penelitian membutikan bahwa bekerja dibawah 6 jam dalam satu hari akan membuat seseorang menjadi lebih bahagia, lebih produktif dan sehat. Memang tidak setiap orang bisa melakukannya, namun dengan usaha kita dapat melakukannya, minimal mengurangi TANGGUNGAN pekerjaan.

6. EFISIENSI KERJA

Gunakan dan sekalugus Hargai waktu anda dalam Bekerja, Misalnya: Tidak ngobrol, Singkirkan tempat duduk yg tidak terpakai, Atur Ruang kerja yg lebih Bersih, Rapi, Tempatkan Buku catatan atau Agenda kerja di Depan meja Kerja anda. Sampaikan ke Bawahan ...bahwa dalm 1 jam kedepan anda sedang kerjakan proyek Penting. Delegasikan sebagian pekerjaan anda ke Staf, dll.


7. GANTI SUASANA
Rutinitas pekerjaan yang sama dari waktu ke waktu kadang membuat jenuh dan bosan. Ketika ini terjadi, makaproduktivitas akan menurun karena kita kehilangan semangat dan gairah untuk melakukan sesuatu. Untuk itu Anda perlu mengganti suasana. Mencari tempat baru, cara baru, atau pendekatan yang baru sehingga pikiran lebih segar dan ide-ide bermunculan. Jika Anda sering merasa mandeg, cobalah ganti dengan suasana baru.


8. BIASAKAN TIDAK  MENUNDA PEKERJAAN

Sikap suka menunda menjadi penghalang besar bagi kesuksesan Anda. Kita menunda apa yang sebenarnya bisa dikerjakan hari ini. Akibatnya, pekerjaan bertumpuk dan terasa berat. Tidak hanya itu, sikap menunda tak jarang membuat kita kehilangan kesempatan. Setiap hari punya tugasnya masing-masing. Karena itu kerjakanlah dan jangan suka menunda.


9. TERAMPIL DALAM MEMBACA, TELITI dan PEKA TERHADAP SITUASI

Apapun profesi Anda, pasti berurusan dengan membaca. Jika Anda seorang pelajar, Anda harus membaca buku dan materi pelajaran. Jika Anda seorang manajer perusahaan, Anda harus membaca laporan, tren terbaru seputar bisnis, dan menganalisanya untuk mengambil keputusan. Dan jika Anda orang yang gemar melatih keterampilan baru, Anda pun harus banyak membaca dan belajar. Salah satu rahasia menjadi pribadi produktif adalah dengan membaca lebih cepat. Bayangkan jika Anda bisa membaca dua kali lebih cepat dari rata-rata orang, maka Anda bisa menyelesaikan berbagai tugas yang berhubungan dengan membaca hanya dalam waktu setengahnya saja. Anda akan menjadi pribadi yang jauh lebih produktif.
 

10. FOCUS dlm PEKERJAAN

Jika Anda membuat kartu nama, jadi desainlah kartu nama saja, tetapi jangan mencoba untuk menulis posting blog atau membuat logo pada waktu yang sama. Alasan yang masuk akal adalah pertama, Anda akan mengerjakannya dengan kualitas yang rendah, kedua Anda akan kehilangan perhatian dan ketiga – Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu melakukan tugas-tugas pararel, karena Anda menghabiskan beberapa detik beralih dari Photoshop ke editor teks atau dashboard blog pada browser Anda dll


11. PIKIRKAN dlm HAL TUJUAN ANDA

Sebelum memulai pekerjaan berpikirlah tentang tujuan Anda yang paling menggairahkan dan memotivasi Anda, misalnya anda ingin pergi ke Bali untuk liburan Anda berikutnya sehingga Anda berpikir tentang matahari, tiupan angin ditamani segelas ice juice, deburan ombak, pijatan relaksasi dan mungkin Anda akan memasukkan suasana hati Anda ke dalam ruang lingkup kerja dan pada ujungnya Anda akan lebih produktif.


12. MANFAATKAN WAKTU ISTIRAHAT DGN BAIK

Pilihlah jenis Makanan dan minuman yg Rendah lemak, Berfitamin, Kalori seimbang hingga menyehatkan anda.
Rilex, Senam Kecil / Pernafasan dan Mendengarkan musik adalah salah satu cara singkat utk Menetralisir logika dan Naluri kita. Hingga membuat Pikiran dan jiwa kita jauh lebih tenang, Mampu mengontrol Emosi kita dll.


13. TETAP dalam KORIDOR

Anda adalah perancang, pengembang, ilustrator apapun, Anda menggunakan sumber daya (resources). Tekstur, pattern, font, ikon, vektor, gambar foto semua hal yang ada di harddisk Anda. Setiap kali Anda mencoba untuk menemukan di mana mereka berada dan Anda akan menghabiskan banyak waktu. Buat beberapa folder, misalnya Design, Kode, Grafis dan menempatkan semua file ke folder tersebut. Jangan terlalu diatur, jangan membuat folder terlalu banyak karena itu tidak cerdas dan Anda akan menghabiskan detik membuka dan menutup folder tersebut, detik menjadi hitungan menit dan bahkan jam dalam jangka panjang, misalnya Anda memiliki sepuluh folder yang tidak perlu, Anda menghabiskan 0,5 detik untuk membukanya dan 0,5 untuk menutupnya.

Jika Anda menggunakan mereka setiap hari: 10 folder x 0,5 detik x 2 x365 = ~ 1 jam / tahun hanya untuk membuka folder! Pikirkan tentang hal ini. Jika perlu buatlah shortcut pada destop Anda namun sekali lagi jangan terlalu banyak karena dapat membuat karya wallpaper kesayangan Anda tertutupi, bila memungkinkan gunakan shortcut keyboard global untuk masuk ke dalam folder tersebut, sudah banyak software yang mengcover masalah ini.

14. GUNAKAN FASILITAS dan SARANA KERJA YG DISIAPKAN PERUSAHAAN

Jangan mencoba untuk menciptakan apapun setiap saat. Jika Anda adalah seorang web desainer membuat template psd kosong dalam resolusi yang sama, tambahkan pedoman, grid, membuat kelompok dan menyimpannya dalam format PSD untuk proyek-proyek masa depan. Pikirkan tentang berapa banyak waktu Anda habiskan setiap kali melakukan tugas-tugas tersebut.

Begitu pula Anda desainer grafis, menggunakan template bukanlah sesuatu yang hina atau merendahkan kualitas desain Anda. Minimal template yang seharusnya menghasilkan sesuatu kesan berbeda harus bisa ditangani dengan baik, tidak semua template karakter untuk setiap produk pada proyek berbeda bukan? Mereka mempunyai kesan dan image mereka masing-masing.
 

Dinamika Consultan