YUK KERJASAMA,...ANDA PUNYA KANTOR/RUKO, TDK TERPAKAI, BISA DIJADIKAN UTK ACARA SEMINAR, WORKSHOP dll. TERTARIK- Bisa Hub Kami di 081210334536

INGIN BUKA LOW-KER, JUAL BARANG, KERJASAMA- IKLANKAN DISINI. MURAH & LAKU TERJUAL/SUKSES, Silahkan hub Admin Kami.

motivasi kerja



"MOTIVASI  KERJA"
Antara
TEORY dan PRAKTEK


 Sedikitnya Ada 6 cara untuk membangkitkan motivasi kerja karyawan:
  1. Selalu berikan dukungan secara konsisten. Selain dukungan kata-kata yang dapat membangkitkan semangat juga dapat diucapkan     Lakukan Aktifitas ini secara Rutin dan Konsisten.  Berikan dukungan setiap kali ada yang berprestasi.
  2. Terapkan DISIPLIN dgn Metode REWARD & PUNISHMENT, maksudnya Berikan Penghargaan atau Ganjaran bagi karyawan yg Berprestasi  sementara juga Berikan Hukuman yg Efektif bagi karyawan yg Melanggar Peraturan.
  3. Perlakukan karyawan dengan “FAIR / ADIL” jangan sampai ada seorang anak mas diantara sekian banyak orang yang bekerja di tempat yang sama. Perlakuan yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya justru akan menciptakan suasana tak menyenangkan di kantor
  4. Kenali dan penuhi kebutuhan karyawan. Tentunya semua karyawan memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda. Kalau bisa dikenali jenis-jenisnya, tentu perlakuan adil bisa diterapkan.
  5. Terapkan sasaran kerja yang realistis dan operasional. Sasaran yang terlalu muluk justru membuat patah semangat bahkan sebelum memulainya.
  6. Ciptakan pekerjaan senantiasa terstruktur meskipun struktur dan birokrasi terkesan menyulitkan dan membosankan, dengan cara ini pembagian kerja bisa lebih merata.
 STUDY  KASUS :
  • Berdasarkan hasil study yang dilakukan oleh “THE MINNEAPOLIS GAS COMPANY” di Amerika Serikat selama 20 tahun (1945-1965) dan melibatkan sekitar 44.000 karyawan pria/wanita.
  • Telah ditemukan masalah gaji dan tunjangan, bukanlah faktor yang utama pengharapan mereka dalam bekerja. Dengan kata lain, uang bukanlah faktor penentu dalam meningkatkan dan menurunkan MOTIVASI
 FAKTOR LAIN YANG DIANGGAP PENTING :
  • Kemungkinan untuk berkembang
  • Jenis pekerjaan dan
  • Apakah mereka bisa merasa bangga.
 BERDASARKAN HASIL PENELITIAN OLEH PARA PAKAR MANAGEMENT :

Ada 10 Aspek yang berpengaruh terhadap motivasi kerja seseorang

1. Rasa aman dalam bekerja
2. Gaji yang adil dan kompetatif
3. Lingkungan kerja yang menyenangkan
4. Penghargaan atas prestasi kerja
5. Perlakuan yang “Fair” dari Manajemen
6. Keterlibatan dalam pembuatan keputusan
7. Pekerjaan yang menarik dan menantang
8. Kelompok dan rekan kerja yang menyenangkan
9. Kejelasan akan standar keberhasilan dan output yang diterapkan
10. Rasa banggan terhadap pekerjaan dan organisasi

Amati dan analisa apa yang terjadi dan rasakan oleh para karyawan dalam organisasi Anda.



LAKUKAN 4 LANGKAH UNTUK MENDAPATKAN GAMBARAN DAN DATA YG OBYEKTIF:

1. Observasi
2. Wawancara, baik secara formal atau informal
3. Menyebarkan koisioner
4. Melakukan jajak pendapat dengan melibatkan pihak ketiga yang kompeten

Apapun metode pengumpulan data yang Anda lakukan, yang harus Anda pastikan adalah Objektivitas dan Validitas dari data-data yang didapat.

Seperti seorang dokter, Anda harus mendiaknosis penyakit yang pada organisasi Anda sudah terdeteksi, segera lakukan penyimpulan data yang tepat dan sesuai dengan kondisi dan kemampuan organisasi berdasarkan data tersebut lakukan upaya penyembuhan agar motivasi bangkit dan meningkat.





Dinamika Consultan